7 Cara Ampuh Merawat Mobil 7 Cara Ampuh Merawat Mobil

Mobil yang terlihat lebih bersih, kinclong, elegan, dan menarik banyak mata di jalan. Selain itu, cat mobil saat ini memiliki kualitas yang sangat baik dibandingkan tahun-tahun kemarin. Meski kualitas catnya saat ini sudah baik, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar mobil tidak mudah kusam dan tetap terlihat menarik. Berikut tips 7 cara ampuh merawat mobil:

Cuci mobil menggunakan air bersih
Pastikan kualitas air yang anda guyurkan ke mobil tidak banyak mengandung garam dan zat besi! Ini berguna agar mobil terhindar dari yang namanya jamur dan karat. Nah, jika mobil terkena hujan atau lumpur sebaiknya anda segera membersihkannya. Jika dibiarkan terlalu lama, mobil akan terlihat kusam karena kotoran akan sulit untuk hilang.
Jangan mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung
Ada baiknya anda jangan mencuci mobil di bawah sinar matahari secara langsung. Ini dikarenakan sabun ataupun shampo yang anda gunakan untuk mencuci mobil akan menempel pada bagian cat dan menimbulkan bercak yang dapat merusak cat mobil.
Gunakan sabun atau shampo khusus yang berkualitas
Penggunaan sabun atau shampo yang tidak baik akan membuat mobil menjadi berkarat atau berjamur jika dibiarkan lama menumpuk!
Siramlah busa pencucian dari arah atas ke bawah
Untuk membersihkan busa sabun yang menempel pada bodi mobil, ada baiknya anda melakukan pembilasan dari arah atas ke bawah! Ini berguna agar air sabun dan kotoran yang menempel turun dan tidak berpindah ke bagian lain seperti celah-celah mobil yang sempit.
Keringkan mobil dengan kain lembut dan berdaya serap tinggi
Saatnya mengeringkan mobil! Ayo gunakan kain yang lembut agar tidak merusak cat mobil anda. Agar mobil cepat kering, maka gunakan kain berdaya serap tinggi supaya tidak ada sisa air yang masih menempel.
Lakukan perawatan rutin membasmi jamur
Tidak ada salahnya untuk melakukan perawatan beberapa bulan sekali untuk membersihkan jamur yang menempel pada cat mobil anda! Anda bisa menggunakan cairan khusus penghilang jamur setiap sekali per enam bulan agar permukaan cat tetap berkilau bisa juga menggunakan wax.
Jangan memarkir mobil di bawah terik matahari secara langsung
Jangan biarkan mobil terkena sinar matahari terlalu lama! Sama halnya dengan kulit, mobil juga akan kusam jika diparkir di bawah sinar matahari secara langsung. Untuk itu, pilihlah tempat parkir yang teduh atau gunakan car cover untuk menghindari debu.